Tuesday 17 November 2015

Istilah-istilah dalam Psikologi Perkembangan (Part5)

1.      Emerging adulthoodi : transisi antara remaja menuju dewasa yang ditandai oleh adanya eksperimen dan eksplorasi.
2.      Obesitas : penyakit yang banyak melanda individu, yang didefinisikan masa indeks besar( yang mencakupi berat dan tinggi badan). Adapun yang menyebabkan obesitas antara lain adalah : hereditas atau genetik, leptin atau protein yang menyebabkan kekenyangan, dll
3.      Sexually transmited infections (Stis) : adalah penyakit yang ditularkan melalui seks, hubungan intim atau genital oral atau seks anal genital dan yang saling terjadi adalah di sebabkan oleh terinfeksi bakteri seperti syphillis.
4.      AIDS dan HIV : AIDS : sekumpulam penyakit yang timbul karena kekeblan tubuh menurun, aids di sebabkan oleh terinfeksinya HIV, sedangkan HIV itu sendri adalah virus yang menyerang sel darah putih yang menyebabkan turubnya kekebalan tubuh.
5.      Acquaintance rape : adalah pelecehan seksual yang dipaksa, di mana korbannya tidak dikenal
6.      Romantic love : tipe cinta ini juga bisa disebutu cinta yang bergairah, cinta romantis ini memiliki komponen seksualitas yang dan gairah yang kuat di mana kedua hal ini sering menonjol di awal relasi cinta, dan dalam cinta ini emosi saling bercampur secara kompleks.
7.      Affectionate love : cinta ini bersifat lebih dari sekedar gairah  dan juga bisa di sebut cinta  karena kedekatan, sehingga memiliki afeksi mendalam dan perhatian terhadap orang itu.
8.      Consummate love : cinta ini juga bisa disebut cinta yang sempurna karena di landasi tiga komponen yaitu :gairah :  gaya tarik fisik terhadap orang lain , keintiman : perasaan emosi yang mengandung kehangatan, kedekatan, dan berbagi dalam sebuah relasi dan komitmen: penilaian terhadap kognitif mengenai relasi dan intensi untuk mempertahankan relasi meskipun relasi itu menghadapi masalah.
9.      Cohabitation : di mana hal ini mengacu pada hidup bersama tanpa adanya hubungan pernikahan.
10.  Menopause : berhentinya menstruasi pada wanita.
11.  Climateric : transisi usia paruh baya di mana kesuburan berkurang.
12.  Disfungsi ereksi :ketidakmampuan untuk mempertahankan dan mencapai ereksi secara adekuat yang berpengaruh terhadap kepusaan performa seksual
13.  Fluid intelligence : kemampuan seseorang melakukan penalaran secara abstrak, mulai menurun di masa dewasa menengah.
14.  Cristalized intelligence :akumulasi dari informasi dan keterampilan verbal mulai terus meningkat di masa dewasa menegah.
15.  Cohort : kelompok orang yang lahir pada tahun yang sama.
16.  Empty nest syndrome : menurunnya kepuasan pernikahan yang di akibatkan keluarnya anak-anak dari rumah karena orang tua memperoleh kepuasan dari anaknya.
17.  Custodial parent : di mana kondisi orang tua telah membatasi waktu kakek-neneknya untuk bersama mereka.
18.  Life span :batas hidup, jumlah maksimum umur individu bisa hidup.
19.  Life expectancy : adalah jumlah perkiraan umur hidup seseorang pada tahun tertentu.
20.  Teori evolusoner tentang penuaan : teori ini berpendapat bahwa seleksi alam tidak begitu berpengaruh dalam mengeliminasi banyak kondisi bahaya dan karakteristik pada orang yang lebih tua.
21.  Cellular clock theory : teori ini menyatakan bahwa sel dalam manusia dapat bergenerasi sekitar 70-80 kali, maka ketika umur semakin menua mengalami penurunan dalam pembelahan.
22.  Free radical theory : menyatakan bahwa menuanya seseorang di akibatkan metabolisme sel yang normal menghasilkan oksigen yang tidak stabil yang di ketahui radikal bebas. Yang mana molekul ini memantul dalam sel yang akan merusak DNA dan struktur sel lainnya.
23.  Mitochondrial theory : meyatakan bahwa penuan itu di akibatkan karena pembusukan mitokondria, karena kehilangan gizi dari sel-selnya

24.  Hormonal strees theory : menyatkan bahwa penuan yang terjadi pada hormonal itu bisa menurunkan daya tahan stres dan meningkatnya terkena penyakit.

No comments:

Post a Comment