Monday 16 November 2015

Doa Ketika Hujan

Ketika hujan turun, seseorang mungkin akan berkeluh kesah, masih harus ke sana, cucian belum kering, masih di jalan, dll. Padahal hujan adalah sebuah Rahmat dari Tuhan, dengan hujan tumbuhan menjadi tambah subur, dan semua mahkluk hidup membutuhkannya. Lalu apa yang harus dilakukan/ diucapkan pada saat hujan itu turun?
Kita sebagai umat Islam memiliki Tauladan, seseorang yang kita contoh dalam berperilaku dan berbuat sesuatu, 
Dari Ummul Mukminin, ’Aisyah
radhiyallahu ’anha ,
ﺇِﻥَّ ﺍﻟﻨَّﺒِﻰَّ - ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ- ﻛَﺎﻥَ ﺇِﺫَﺍ ﺭَﺃَﻯ ﺍﻟْﻤَﻄَﺮَ ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ
ﺻَﻴِّﺒﺎً ﻧَﺎﻓِﻌﺎً
“ Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan, ” Allahumma shoyyibannafi’an ” [Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat]”. (HR. Bukhari no.1032)
Ibnu Baththol mengatakan, ”Hadits ini berisi anjuran untuk berdo’a ketika turun hujan agar kebaikan dan keberkahan semakin bertambah, begitu pula semakin banyak kemanfaatan.” (Syarh Al Bukhari, Ibnu Baththol, 5: 18, Asy Syamilah)

Dalam doanya rasul memohon untuk hujan yang bermanfaat, padahal hujan kan memang berkah?, ya tapi tetap saja hujan bisa Allah gunakan untuk mengadzab manusia, seperti pada kaum Nabi Nuh, ditenggelamkan oleh Allah SWT karena tidak mau beriman, dan terus saja berbuat dosa.

No comments:

Post a Comment