Thursday, 26 November 2015

Sistem Pencernaan (Part3)



  • PENYAKIT SALURAN PENCERNAAN MAKANAN

    Dispepsia ialah sebuah bentuk gangguan pencernaan yang sering sukar sembuh, yang dapat mempunyai banyak sebab, antara lain ketidakpatuhan diit, waktu makan tak teratur dan adakalanya berhubungan dengan ketakutan dan tekanan jiwa.

    Gastritis ialah peradangan lambung. Gastritis akut umumnya disebabkan zat perangsang seperti keracunan makanan, infeksi seperti pada influenza dan pemakaian alkohol berlebihan.
    Gejalanya ialah yang biasa pada gangguan saluran pencernaan (lihat atas) Gastritis khro-nik ialah sebuah istilah yang digunakan untuk melukiskan gangguan pencernaan atau dispepsi (lihat atas) yang terjadi pada orang setengah umur dan lebih tua.

    Ulkus Peptikum terjadi pada beberapa bagian lambung dan duodenum yang terkena kerja getah lambung. Sebabnya ialah banyak, termasuk makan tak teratur, ketegangan, ketakutan dan tekanan jiwa. Gejalanya ialah yang biasa pada gangguan saluran pencernaan (lihat atas), kecuali rasa sakit pada ulkus peptikus yang berbeda menurut letak ulkus.

    Pada ulkus lambung rasa sakit timbul kira-kira 20 menit sesudah makan dan umumnya dapat diringankan dengan menelan obat antasida atau sesudah muntah.
    Pada ulkus duodenum rasa sakit timbul kira-kira dua jam sesudah makan. Seorang penderita dapat mengatakan bahwa rasa sakit itu membangunkannya dari tidur dua jam dan sakitnya dapat dihilangkan dengan makan beberapa biskuit, minuman serupa susu atau makan obat antasida campuran.
    Pengobatan. Ulkus peptikum dapat disembuhkan melalui pengobatan kedokteran yang lama dengan diit, istirahat dan antasida, dengan, kalau mungkin, membebaskannya dari rasa takut dan tanggung jawab. Bila tidak ada kemajuan dalam jangka waktu tertentu, maka tindakan pembedahan dipertimbangkan.
    Enteritis atau peradangan pada usus besar dan halus, sering bersamaan dengan gastritis akut atau gastro-enteritis dan dalam banyak keadaan disebabkan infeksi, seperti pada keracunan bakterial, dalam makanan.
    Pada bayi terdapat diare dan muntah-muntah yang banyak sekali dengan dehidrasi, tekanan darah rendah dan menjadi sangat lemah.
Top of Form

No comments:

Post a Comment