Saturday, 21 November 2015

Sistem Pencernaan (Part1)


SISTEM PENCERNAAN

SALURAN PENCERNAAN DAN PENCERNAAN MAKANAN
Sistem pencernaan berurusan dengan penerimaan makanan dan mpersiapkannya untuk diasimilasi oleh tubuh. Saluran pencernaan tertiri atas bagian-bagian berikut:

Mulut

Farinx —Tekak

Usofagus —

Kerongkongan

Ventrikulus — Lambung Usus halus dan usus besar

Selain itu mulut memuat gigi untuk mengunyah makanan, dan lidali yang membantu untuk cita rasa dan menelan. Beberapa kelenjar atau kelompok kelenjar menuangkan cairan pencerna penting ke dalam saluran pencernaan.

Kelenjar ludah (kelenjar salivari) dengan saluran yang masuk ke (la lam mulut,

Kelenjar ludah perut atau Pankreas dan Hati (Hepar).

Seluruh saluran pencernaan dibatasi oleh selaput lendir (membranmukosa), dari bibir sampai ujung akhir usofagus, ditambah dengan lapisan lapisan epitelium.

Selama dalam proses pencernaan, makanan dihancurkan menjadi zat-zal sederhana yang dapat diresap dan digunakan oleh sel jaringan tubuh. Ber bagai perubahan sifat makanan terjadi karena kerja berbagai enzim yanng terkandung dalam berbagai cairan pencerna. Setiap jenis zat ini mempunyai tugas khusus — menyaring dan bekerja atas satu jenis makanan dan tidak mempunyai pengaruh terhadap jenis lainnya.

Ptialin (amilase ludah) misalnya bekerja hanya atas gula dan tepung, sedangkan pepsin hanya atas protein. Satu jenis carian pencerna, misalnya cairan pankreas, dapat mengandung beberapa enzim dan setiap enzim bekerja hanya atas satu jenis makanan.

Enzim ialah zat kimia yang menimbulkan perubahan susunan kimia terhadap zat lain, tanpa enzim itu sendiri mengalami suatu perubahan. Untuk dapat bekerja secara baik, berbagai enzim tergantung adanya garam mineral dan kadar asam atau kadar alkali yang tepat.

MULUT

Mulut adalah rongga lonjong pada permulaan saluran pencernaan. Terdiri atas dua bagian bagian luar yang sempit, atau vestibula, yaitu ruang di antara gusi serta gigi dengan bibir dan pipi, dan bagian dalam, yaitu rongga mulut yang dibatasi di sisi-sisinya oleh tulang maxilaris dan semua gigi, dan di sebelah belakang bersambung dengan awal farinx

FARINX DAN USOFAGUS Farinx atau tekak terletak di belakang hidung, mulut dan larinx (tenggo-rokan). Farinks berupa saluran berbentuk kerucut dari bahan membran berotot (muskulo membranosa) dengan bagian terlebar di sebelah atas.
Kedua tonsil merupakan dua kumpulan jaringan limfosit yang terletak di kanan dan kiri farinx di antara tiang-tiang lengkung fauces. Tonsil dijelajahi pembuluh darah dan pembuluh limfe dan mengandung banyak limfosit. Permukaan tonsil ditutupi membran mukosa yang bersambung dengan bagian bawah farinx. Permukaan ini penuh dengan lekukan, dan ke dalam lekukan yang banyak ini sejumlah besar kelenjar penghasil mukus menuangkan sekresinya. Mukus ini mengandung banyak limfosit. Dengan demikian tonsil bekerja sebagai garis depan pertahanan dalam infeksi yang tersebar dari hidung, mulut dan tenggorok.
Usofagus adalah sebuah tabung berotot yang panjangnya dua puluh sam pai dua puluh lima sentimeter.

No comments:

Post a Comment