Thursday, 19 November 2015

Kepribadian

      Setiap orang pasti memiliki karakter pribadi masing-masing, karakter pribadi yang berpikir sukses pasti akan menjadi fondasi atau landasan lahirnya sebuah kesuksesan. Ada beberapa langkah menciptakan pribadi yang berkarakter yaitu: menghargai nilai
dalam diri, keyakinan pada nilai positif, membangun sikap ikhlas, mengalahkan api kebencian, yang terakhir semangat dan optimisme. Mengenal potensi juga dapat membentuk pribadi yang berkarakter, sebelum mengenal potensi tentunya kita harus mengenal siapa diri kita karena ada sebuah kalimat yang berbunyi “barang siapa mengenal dirinya , niscaya akan dapat mengenal Tuhannya”. Langkah selanjutnya ada yang disebut dengan konsep diri yang meliputi pengetahuan, harapan, dan penilaian. Jika setiap orang mampu untuk mengenal siapa dirinya maka aka ada planning atau tujuan yang jelas dalam hidup.
        Sebelum melangkah menuju kesuksesan maka harus dirumuskan apa arti dan bentuk kesuksesan bagi kita. Salah satu manfaat dari penetapan tujuan hidup adalah mempermudah pengambilan keputusan. Adapun langkah-langkah dalam menentukan tujuan hidup adalah menganalisa kondisi internal dan eksternal, serta mencari solusi untuk mengatasi kelemahan dan hambatan lingkungan. Tentunya setiap jalan yang ditempuh memiliki hambatan namun cara terbaik yang dapat dilakukan seseorang yang memiliki kepribadian yang baik adalah mengikuti kata hati setelah bertawakal kepada Allah SWT. Suatu apapun yang dilalui oleh seorang khalifah tidak terlepas dari apa yang disebut waktu. Sebuah kata bijak: “perbedaan orang yang berhasil dan gagal adalah bagaimana mengelola waktu yang dimilikinya” waktu tidak pernah kembali ke titik asal. Kiat mengelola waktu: buatlah daftar mengenai hal apa saja yang perlu anda lakukan, berpikir realistis, aturlah barang-barang dengan rapi, sediakan waktu untuk sesuatu yang menyenangkan dan mengejutkan.

Kita senantiasa dihadapkan dengan situasi yang membuat pikiran dan perasaan tertekan, ini disebut keadaan stress. Sebab- sebab stress dapat dioengaruhi oleh lingkungan, fisiologik, dan pikiran. Stress dapat berdampak pada perilaku seperti menurunnya kemampuan mengingat informasi, mengambil keputusan, sehingga mempengaruhi prestasi belajar. Salahsatu langkah menangani stress adalah mengembangkan gaya hidup yang menguatkan kita untuk melawan stress seperti berolah raga, melakukan kegiatan relaksasi, mengkonsumsi makanan yang sehat.

No comments:

Post a Comment