Thursday, 19 November 2015

Ibadah

     Allah SWT menurunkan Islam dengan segenap kesempurnaan, begitu pula dengan perintah beribadah yang sangat jelas dalam Alquran. Ada banyak macam ibadah  seperti: sholat, puasa, zakat, thaharah(bersuci), dll. Sholat merupakan kewajiban pokok
bagi setiap orang berimaan yang terdiri dari perkataan dan perbuatan tertentu diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam dengan syarat-syarat tertentu. Sholat mencegah kekejian dan kemungkaran serta memberikan pendidikan moral yang praktis bagi orang-orang melaksanakannya. Segala sesuatu yang dilakukan bersama tentunya akan mendapat hasil yang lebih jika dibanding dengan hasil kerja perorangan, begitu pula dengan sholat yang dilakukan secara berjamaah akan mendapat pahala 27:1. Ada beberapa macam sholat yang dapat dilakukan dalam keadaan darurat atau mendesak, misalnya saat seorang itu sedang sakit atau dalam perjalanan maka dapat menjama’(menggabungkan) atau mengqashar(meringkas) dua waktu sholat yang berdekatan.

     Berbicara tentang ibadah maka merawat jenazah merupakan ibadah mahdhah yang mana kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan manusiaan, namun bersifat agamis yakni ibadah tertentu terhadap orang yang baru meninggal dunia. Mengurus jenazah mulai dari memandikan hingga dikuburkan merupakan kewajiban muslim terhadap muslim lainnya.

No comments:

Post a Comment